Reflections

Tahukah Anda ?

15 - 1 (1)Shalat dapat mencegah kepikunan, karena gerakannya meningkatkan brain-derived neurotrophic factor (BDNF). Yakni sejenis protein yang berfungsi menguatkan neuron. Otak yang mengandung banyak BDNF mampu menampung lebih banyak informasi. Bila shalat dilakukan dengan terburu-buru maka akan memperberat kerja jantung dan paru-paru. Karena itu, lakukanlah sahalat dengan tenang. Peregangan otot perut saat sujud dan rukuk memperlancar sistem pencernaan karena organ pencernaan dalam perut mengalami pemijatan dan pelonggaran secara bergantian.

Sumber : Majalah Ummi No.2/XXI/April 2010/1431

Percikan 

1. Penyakit dapat menggugurkan dosa bila kita bersabar. Jadikanlah penyakit yang kita derita sebagai tiket ke surga dengan bersabar, berikhtiar di jalan Allah Swt, dan tidak putus asa dari rahmat Allah Swt. Bukan berkeluh kesah, kecewa dan marah, tetapi menerima ketetapan-Nya dan terus beristigfar memohon ampun pada Allah Swt. Bukan meminta segera diakhiri penderitaan yang dialami dengan kematian, tetapi bermohonlah yang terbaik menurut Allah Swt untuk diri kita.

2.  Kita tidak dilarang untuk menjadi kaya. Harta yang kita cari di dunia akan kita jadikan perantara untuk mencapai surga. Meraih dunia untuk mencapai surga itulah yang kita lakukan, bukan mengumpulkan harta sebanyak-banyaknya, lalu kita tinggalkan dan akhirnya  hanya menjadi sumber keributan ahli waris. Genggam dunia, kuasai harta, dan waspada selalu jangan sampai harta menguasai kita. Keluarkan sebanyak-banyaknya harta kita di jalan Allah Swt. maka kita akan menjadi orang yang beruntung di dunia dan akhirat.

3. Lihatlah tubuh kita di cermin. Pernahkah berpikir tentang diri kita. Pernahkah berpikir mengapa bulu mata, alis, gigi dan tulang belulang tidak tumbuh terus menerus sebagaimana tumbuhnya rambut. Siapa yang memasukkan  hormon-hormon dan enzim-enzim yang bertanggung jawab atas pertumbuhan ke dalam.tubuh sesuai dengan dosis yang dibutuhkan? Dan siapa yang mengontrol kadar dan waktu sekresi dari hormon dan enzim tersebut? Mustahil untuk mengatakan bahwa terjadi secara kebetulan. Tidaklah mungkin sel-sel atau atom-atom pembentuk manusia yang tidak mempunyai kesadaran tersebut melakukan hal demikian dengan sendirinya. Ini adalah bukti bahwa semua terjadi dengan kekuasaan Allah Swt yang telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya. Dan semua karena cinta. Sudahkah kita membalas cinta-Nya? Sudahkah kita menjadi hamba yang dicintai-Nya?

funny_new_114. Ternyata, stres bisa diminimalisir dengan berpelukan. Hasil penelitian University of North Carolina terhadap 38 responden menunjukkan bahwa dengan berpelukan, hormon oksitoksin yang menumbuhkan rasa semangat dan perasaan bahagia meningkat dan mengurangi kadar hormon Kortisol atau biasa disebut hormon stres. Artinya, dengan berpelukan ternyata mampu menurunkan gejala penyakit jantung, hati dan darah tinggi. Dr.Charmaine Griffiths, pembicara dari The British Heart Foundation mengatakan, dengan berpelukan berarti menyalurkan energi positif yang baik untuk kesehatan. Dari penelitian itu kaum perempuan yang lebih banyak tertolong karena perempuan memiliki tingkat stres yang lebih tinggi dari pada laki-laki. Berpelukan selama 20 mdetik sehari terbukti ampuh menghalau stres.  Antara suami istri, orang tua dan anak, kakak dan adik, atau sesama teman perempuan. Jadi, Ibu peluklah anak-anakmu, para suami peluklah istrimu, demikian pula sebaliknya…..(Sumber : Majalah Ummi edisi spesial Maret-Mei 2010/1431 H)

4a. Para peneliti percaya bahwa pelepasan hormon stres, kebutuhan oksigen yang meningkat oleh sel-sel otot jantung dan kekentalan yang bertambah dari keping-keping darah yang memicu pembekuan darah menjelaskan bagaimana kemarahan (marah) meningkatkan peluang terjadinya serangan jantung. Ketika marah, detak jantung meningkat melebihi batas wajar dan menyebabkan naiknya tekanan darah pada pembuluh nadi. Oleh karenanya memperbesar kemungkinan terjadinya serangan jantung.

5. Siapa yang bersungguh-sungguh dalam usahanya  menemukan kebenaran, senantiasa bersabar dan tidak berputus asa maka Allah Swt akan menunjukkan jalan kepadanya. Kebaikan akan diperolehnya bukan saja di dunia, tetapi juga di akhirat kelak.

6. Keterbatasan keadaan yang ada pada diri kita, berupa materi atau fisik tidak menjadi penghalang untuk melakukan amal-amal saleh. Bila kita menerima ketetapan tersebut dengan sabar maka Allah Swt akan senantiasa memberikan petunjuk dan rahmat-Nya. Dengan petunjuk dari Allah Swt maka jalan yang sempit menjadi luas, sulit menjadi mudah dan yang gelap menjadi terang benderang.

7. Menjalani kehidupan berumah tangga seperti mengarungi samudera. Airnya tidak selalu tenang, akan ada gelombang kecil, bahkan besar yang menghantam bahtera. Untuk itu, kesabaran sangat dibutuhkan karena ujian bisa datang dari arah mana saja, termasuk dari pasangan hidup kita. Bila kita mendahulukan Allah Swt di atas segalanya maka Allah Swt akan selalu menjaga kita dan Allah Swt tidak akan menyia-nyiakan amal saleh hamba-hamba-Nya.

10923746_804734879563999_7161449350728757037_n8. Anak adalah anugerah terindah. Kehilangannya membuat duka tak terperi. Namun anak kita bukan milik kita, anak hanyalah titipan dari Allah Swt Yang Maha Pencipta. Allah Swt dapat mengambilnya kapan saja Dia mau. Anak bisa menjadi ujian buat kita dan bila kita bersabar menerima ketentuan Allah Swt maka Allah Swt menyukai hamba-hamba-nya yang sabar.

100x133xvar_nisa_modesty.jpg.pagespeed.ic.87ZbqUa48f9. Setan gusar bukan main ketika melihat manusia mulai menemukan cahaya kebenaran. Dengan serta-merta mereka melancarkan berbagai aksinya untuk memalingkan kita dari jalan yang lurus. Hanya orang-orang yang mengenal Allah Swt, memiliki keimanan yang kuat disertai kesabaran yang tebal yang akan selamat dari perangkap setan. Keimanan dan kesabaran menjadikan manusia yang lemah menjadi perkasa. Siksaan yang keji, segala caci-maki, dan tawaran harta duniawi tidak berarti apa-apa karena kenikmatan surga sudah menanti jiwa-jiwa suci ini.

Sumber : Dahsyatnya Kekuatan Sabar, Nabiel Fuad Al-Musawa,Ir.,M.Si

 

Iklan

Tulislah apa yang ingin anda katakan di sini !

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s