Verses and Poetries

img_6135Di halaman ini tersaji sejumlah ayat-ayat Al Qur’an dan juga syair-syair terkait dengan ayat-ayat tersebut dalam kaitannya dengan aspek-aspek tertentu, antara lain seperti diuraikan berikut ini.

1. Keutamaan Ilmu Pengetahuan :

Malam-malamku untuk merajut ilmu yang bisa dipetik, menjauhi wanita elok dan harumnya leherAku mondar-mandir untuk menyelesaikan masalah sulit, lebih menggoda dan manis dari berkepit betis nan panjang. Bunyi penaku yang menari di atas kertas-kertas, lebih manis dari pada berada di belaian wanita dan kekasih. Bagiku lebih indah melemparkan pasir di atas kertas dari pada gadis-gadis yang menabuh dentum rebana. Hai orang yang berusaha mencapai kedudukanku lewat angannya, sungguh jauh jarak antara orang yang diam dan yang lain, naik. Apakah aku yang tidak tidur selama dua purnama dan engkau tidur nyenyak, setelah itu engkau ingin menyamai derajatku.      Syair oleh : Az-Zamakhsyari

Dan, Dia telah mengajarkan kepadamu apa yang belum kamu ketahui. Dan adalah karunia Allah itu sangat besar.” (QS.An-Nisa : 113)

“Sesungguhnya, Aku mengintakan kepadamu supaya tidak termasuk orang-orang yang tidak berpengetahuan.” (QS.Hud : 46)

“Dan, apakah orang yang mati kemudia Kami hidupkan dan Kami berikan kepadanya cahaya yang terang, yang dengan cahaya itu dia dapat berjalan di engah-tengah masyarakat manusia, serupa dengan orang yang keadaannya berada dalam gelap gulita yang sekali-kali tidak dapat keluar dari padannya? (Qs.Al-An’am : 122)

“Maka, apakah orang yang berpegang teguh pada keterangan yang datang dari Rabb-nya sama dengan orang yang (setan) yang menjadikan dia memandang baik perbuatannya yang buruk dan mengikuti hawa nafsunya?” (QS. Muhammad : 14)

2. Masalah Dan Jalan Keluar:
“Bukankah subuh itu sudah dekat ?”  (QS.Hud : 81)

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Tirmizi disebutkan : “Sebaik-baik ibadah adalah menunggu jalan keluar.”

Cahaya fajar bagi orang-orang yang ditimpa musibah itu telah menyeruak,maka jelanglah pagi dan tunggulah kemenangan dari sang penakluk.

Orang Arab berkata : “Jika seutas tali sudah sangat meregang, niscaya ia akan segera putus. Artinya, Jika persoalannya sudah sangat kritis. maka tunggulah jalan keluar.”

Allah berfirman ,

“Barang siapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar.” (QS.Ath-Thalaq: 2)

“Dan, barang siapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan menghapus kesalahan-kesalahannya dan akan melipatgandakan pahalanya.” (QS.Ath-Thalaq:5)

“Dan, barang siapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Allah akan menjadikan baginya jalan kemudahan dalam urusannya.” (QS. Ath-Thalaq : 4)

Seorang penyair berkata,

Betapa banyak jalan keluar yang datang setelah rasa putus asa, dan betapa banyak kegembiraan datang setelah kesedihan. Siapa yang berbaik sangka pada pemilik ‘Arsy dia akan memetik manisnya buah yang dipetik di tengah-tengah pohon berduri.

Allah berfirman,

“Sehingga apabila para rasul tidak mempunyai harapan lagi tentang keimanan mereka dan telah meyakini bahwa mereka telah didustakan, datanglah kepada para radsul itu pertolongan Kami, lalu diselamatkanlah orang-orang yang Kami kehendaki.)  (QS.Yusuf : 110)

Tersenyumlah

Tertawa yang wajar itu laksana ‘balsem’ bagi kegalauan dan ‘salep’ bagi kesedihan. Pengaruhnya sangat kuat sekali untuk membuat jiwa bergembira dan hati berbahagia. Bahkan, karena itu Abu darda’ sempat berkata, “Sesungguhnya aku akan tertawa untuk membahagiakan hatiku. Dan Rasulullah saw sendiri sesekali tertawa hingga tampak gerahamnya. Begitulah tertawanya orang-orang yang berakal dan mengerti tentang penyakit jiwa serta pengobatannya.”

 

Kembali Ke Home                                                   

Tulislah apa yang ingin anda katakan di sini !

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s