Doa Sarat Makna

Rasulullah saw. menyukai doa-doa yang ringkas, namun sarat makna. Sepertinya, beliau mengetahui bahwa itu bukan saja memudahkan banyak orang untuk mengingatnya, melainkan juga lebih mewakili harapan dan keinginan kita. Maka, tercatatlah dalam riwayat beliau, doa-doa yang mencakup semua keinginan dan harapan utama yang kita dambakan dalam kehidupan kita.

Setelah membaca riwayat-riwayat itu, yakinlah kami bahwa kita juga membutuhkanya. Kita semua ingin bahagia di dunia, selamat di akhirat, kaya dan bertakwa. Berilmu namun rendah hati, berkuasa, namun adil. Kebaikan-kebaikan jiwa itu tentu harus kita upayakan melalui usaha yang sadar secara terus-menerus. Adapun di antara usaha itu adalah mempertahankan keinginan yang kuat untuk meraihnya. Di sinilah letak fungsi doa itu : membantu kita memperkuat dan mempertahankan kehendak baik kita.

Berikut ini, kami tuliskan beberapa doa pilihan yang ringkas yang sarat makna. Silakan engkau memilih lafal yang engkau sukai sesuai dengan kandungan makna yang kamu sukai pula.:

“Ya Allah, berilah kami kebaikan di dunia dan akhirat. Dan jagalah kami dari siksa api neraka.” (Hadits ini disepakati oleh Bukhari dan Muslim).@

“Ya Allah, sesungguhnya, aku memohon kepada-Mu seluruh kebaikan yang ada, untuk bisa melakukan segala kebaikan itu, meninggalkan segala kemungkaran, mencintai orang-orang miskin, dan terimalah tobatku, ampunilah aku serta kasihanilah aku. Ya Allah, dan (aku memohon kepada-Mu) untuk mampu mencintai-Mu, mencintai orang-orang yang mencintai-Mu, dan mencintai amal yang mengantarkanku untuk bisa mencintai-Mu.”(h.r. Al-Hakim dari Muadz).@

“Ya Allah, sesungguhnya, aku memohon kepada-Mu seluruh kebaikan yang telah ada maupun yang akan ada. Kebaikan yang telah kuketahui dan kebaikan yang belum kuketahui. Dan aku berlindung kepada-Mu dari seluruh keburukan yang telah datang maupun yang akan datang, Keburukan yang telah kuketahui dan yang belum kuketahui. Dan, aku memohon surga-Mu dan apa-apa yang bisa mendekatkan kepadanya, baik dari ucapan maupun perbuatan. Aku berlindung kepada-Mu dari api neraka dan apa-apa yang mendekatkan kepadanya, baik dari ucapan maupun perbuatan.” (h.r. Al-Hakim, dari Aisyah).@

“Ya Allah, sesungguhnya, aku memohon kepada-Mu kesehatan iman, keimanan yang melekat dalam akhlak yang baik, keberhasilan yang mewariskan kebajhagiaan, kasih sayang dari-Mu, kesejahteraan, serta ampunan dan ridha-Mu.” (h.r. Al-Hakim dari Abu Hurairah).@

“Ya Allah, dengan ilmu-Mu tentang yang gaib dan kuasa-Mu untuk mencipta, hidupkanlah aku selama engkau mengetahui kehidupan ini baik untukku. Ya Allah, aku memohon kepada-Mu rasa takut pada-Mu, baik waktu sepi maupun ramai. Dan aku memohon kepada-Mu kalimat hak pada waktu marah amupun suka. Dan aku memohon kepada-Mu (agar bisa) hemat dalam keadaan miskin maupun kaya, dan aku memohon kepada-Mu kenikmatan yang tak pernah berhenti, kesejukan mata yang tak pernah putus. Aku memohon kepada-Mu ketentraman setelah mati, kenikmatan memandang wajah-MU, kerinduan untuk bertemu dengan-Mu, tanpa ada kesulitan yang membahayakan dan fitnah yang menyesatkan. Ya Allah, hiasilah (hidup) kami dengan perhiasan iman dan jadikanlah kami orang-orang yang senantiasa menunjuki orang lain dan jadikanlah kami termasuk orang-orang yang mendapat petunjuk.” (h.r. Ahmad,Al-Hakim dari Ammar nin Yasir)@

“Ya Allah, Sesungguhynya, aku memohon kepada-Mu akan hidayah, ketakwaan, keshalihan, dan kekayaan.” (h.r. Muslim dari Ibnu Mas’ud).@

“Ya Allah, sesungguhnya, aku berlindung kepada-Mu dari dahsyatnya musibah, lilitan kesengsaraan, buruknya keputusan, dan kegembiraan musuh-musuh.” (Hadits ini telah disepakati oleh Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah)@

“Ya Allah, aku memohon kepada-Mu akan hal-hal yang menyebabkan turunnya rahmat-Mu, dorongan yang mendatangkan ampunan-Mu, keselamatan dari segala noda dosa, mkeuntungan dari segala kebaikan, dan keselamatan dari api neraka.”(h.r. Al-Hakim dari Ibnu Mas’ud) @

Ya Allah, sesungguhnya, aku berlindung kepada-Mu dari kelaparan karena kelaparan adalah seburu-buruk teman tidur. Dan, aku berlindung kepada-Mu dari penghianatan, karena ia adalah seburuk-buruk teman dekat.” (h.r. Abu Dawud dengan sanad sahih dari Abu Hurairah)@

Ya Allah, berikanlah ketakwaan atas jiwaku ini dan sucikanlah ia. Engkaulah sebaik-baik yang mensucikannya. Engkaulah Kekasih dan Penolongnya. Ya Allah, sesungguhnya, aku berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak bermanfaat, dari hati yang tidak khusyu’ , dari jiwa yang tidak pernah puas, dan dari doa yang tidak pernah dikabulkan.” (h.r. Muslim dari Zaid bin Arqam) @

“Ya Allah, perbaikilah agamaku yang menjadi perisai segala urusanku, perbaikilah duniaku yang menjadi tempat hidupku, dan akhiratku yang menjadi tempat kembaliku. Jadikanlah kehidupanku ini sebagai nilai tambah untuk melakukan segala kebaikan, dan kematianku sebagai tempat peristirahatan dari segala kejahatan.”(h.r. Muslim dari Abu Hurairah)@

“Ya allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari sirnanya nikmat-Mu, berubahnya kebaikan-Mu, siksaan-Mu yang tiba-tiba muncul, dan semua kemurkaan-Mu.”(h.r. Muslim dari Ibnu Umar)@

 “Ya Allah, sesungguhnya, aku berlindung kepada-Mu dari buruknya pendengaranku, penglihatanku, lisanku, hatiku, dan spermaku.” (h.r. Abu Dawud dan Tirmidzi, dan ia berkata, “Ini adalah hadits hasan.”)@

” Ya Allah, sesungguhnya, aku berlindung kepada-Mu dari mkeburukan akhlak, amal, dan keinginan-keinginan.” (h.r. Tirmidzi, dan ia berkata, “Ini adalah hadits hasan.”)@

” Ya Allah, ampunilah aku, kasihanilah aku, tunjukilah aku, sejahterakanlah aku, dan berilah aku rezeki.” (h.r. Muslim dari Thariq bin Asysyim)@

“Ya Allah, Tuhan yang mengendalikan hati, kendalikanlah hati-hati kami untuk berbakti kepada-Mu.” (h.r. Muslim dai Abdullah bin Amr bin Ash)@

Ya Allah, sesungguhnya, aku berlindung kepada-Mu dari segala keburukan atau kejahatan amal yang lalu maupun yang akan datang.” (h.r. Muslim dari Aisyah)@

Penulis : M.Anis Matta  

