Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

Berbagai penelitian telah mengungkapkan adanya mukjizat puasa ditinjau dari perspektif medis modern. Dalam penelitian ilmiah tidak ditemukan efek merugikan dari puasa Ramadhan pada jantung, paru, hati, ginjal, mata, profil endokrin hemotologi dan fungsi neuro psikiatri.

Penelitian untuk analisis atau penelitian terhadap berbagai abstrak terkait ini diperoleh dari Medline dan jurnal lokal di negara-negara Islam 1960-2009. Seratus tiga belas artikel yang memenuhi kriteria untuk pemilihan kertas dikaji secara mendalam untuk mengidentifikasi rincian bahan terkait

Hasilnya, terdapat manfaat luar biasa dan tidak disangka sebelumnya oleh para ilmuwan tentang adanya mukjizat puasa Ramadhan bagi kesehtan manusia. Meskipun puasa Ramadhan aman untuk semua orang sehat dan beberapa kondisi sakit tertentu, namun dalam keadaan penyakit tertentu seseorang harus berkonsultasi ke dokter dan mengikuti rekomendasi ilmiah.

Bulan Ramadha adalah bulan yang paling dinanti oleh umaat muslim.Ia adalah bulan yang nilainya lebih baik dari seribu bulan. Saat itu dianggap sebagai bulan yang penuh berkah, rahmah dan ampunan. Semua umat muslim yang sehat dan sudah akil balik diwajibkan untuk berpuasa sebulan penuh. Meskipun untuk sebagian orang, ibadah puasa cukup berat, tetapi terdapat keistimewaan untuk mendapatkan hikmah dari Allah Swt berupa kebahagiaan, pahala berlipat dan bahkan terdapat mukjizat dalam kesehatan.

Allah berjanji akan memberikan berkah kepada orang yang berpuasa. Seperti ditegaskan oleh Rasulullah saw. dalam sabdanya yang berarti: “Berpuasalah maka kamu akan sehat”. (HR-Ibnu Suny dan Abu Nu’aim).

Iklan

2 pemikiran pada “Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

Komentar ditutup.