Indahnya Surga

Masuk surga adalah cita-cita dan harapan semua manusia. Namun hanya Islamlah satu-satunya agama yang menjamin akan mengantarkan mereka masuk surga. Surga adalah tempat kembali yang digambarkan di dalam Al-Qur’an dan Al-Hadits begitu indah,  Namun keindahan yang tergambar cukuplah sebatas mewakili pesan Allah SWT secara sederhana yang ingin disampaikan kepada kaum muslimin agar dengan mudah memahami sehingga benar-benar termotivasi untuk beramal dan masuk surga

Akan tetapi keindahan yang sesungguhnya akan didapat oleh penghuninya adalah jauh lebih nikmat daripada yang digambarkan, karena keadaan akhirat, sebagaimana hadits Rasulullah SAW merupakan keadaan yang belum pernah dipandang mata, didengar telinga dan keadaan yang belum pernah terbayangkan…semoga kita diperkenankan oleh Allah untuk masuk surga-Nya.

Rasulullah saw telah memberikan  gambaran  tentang panorama surga yang dijanjikan Allah bagi orang orang-orang yang bertaqwa dengan keterangan yang mendalam , detail, dan gamblang. Keterangan ini mebuat tenteram hati orang-orang beriman. Orang-orang yang shalih merasakan kenikmatan dengan mengetahuinya, sementara orang-orang yang bertaubat merasakan kesenagan dengan mengingatnya.

Orang Yang Pertama Kali Masuk Surga  

Nabi Muhammad saw., dialah yang pertama kali masuk surga, karena penjaganya diperkenankan  untuk memasukkan pertama  kali hanya untuk beliau saw. Begitu pula, beliau adalah pemimpin dari semua hamba-hamba Allah swt di muka bumi ini.  Sebagaiman dalam sabda beliau saw : Dari Anas bin Malik radhiyallahu’anhu, ia berkata bahwa Rasulullah saw bersanda, “Pada hari kiamat nanti, aku akan mendatangi pintu surga, kemudian aku meminta untuk dibukakan (pintunya), maka penjaganya bertanya : “siapa anda?, Aku menjawab : ‘Muhammad’. Selanjutnya dia berkata : ‘Hanya untukmu aku diperintahkan untuk membukakan pintu ini dan dilarang bagi seorangpun sebelummu.”(HR.Muslim)

Dari Hudzaifah ra, ia berkata bahwa Rasulullah saw bersabda : “Semua anak Adam berada di bawah panjiku pada hari kiamat, dan aku orang pertama yang dibukakan pintu surga.” (Shahiihul Jaami’)

Dari Abu Hurairah ra, ia berkata : “Abul Qasim Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda : “Sesungguhnya rombongan yang pertama kali  memamsuki surga itu  bagaikan bulan purnama, kemudian rombongan berikutnya seperti bintang yang terang-benderang di langit. Masing-masing mereka berpasangan dua orang yang sumsum betisnya terlihat dari dalam daging dan di dalam surga tidak ada seorangpun yang tidak berpasangan”.

Dari Abu Hurairah ra, ia berkata : Rasulullah saw bersabda, “Sesungguhnya rombongan yang pertama kali memasuki surga wajahnya bagaikan nulan purnama, kemudian rombongan berikutnya wajahynya lebih terang dari pada bintang yang terang-benderang. Mereka tidak buaang air kecil, tidak buang air besar, tidak mebuang ingus dan tidak meludah. Keringat mereka minyak kesturi. Wewangian mereka kayu uluwwah. Pasangan mereka bidadari yang bermata jelita. Budi pekerti mereka serupa. Bentuk mereka seperti bapak mereka Adam, tingginya enam puluh hasta.”

Dari Abu Huraitah ra, ia berkata : Rasulullah saw bersabda : “Sesungguhnya orang yang pertama kali masuk surga laksana bulan di malam pertama. Orang yang masuk setelah mereka laksana bintang yang sangat terang di langit yang cerah. Mereka tidak buang air kecil,  tidak buang air besar, tidak beringus, dan tidak meludah.  Sisir mereka terbuat dari emas.  Keringat mereka adalah minyak kesturi. Tempat Bukhur (PEWANGI RUANGAN DAN TUBUH) mereka  adalah batang kayu gaharu,. Isteri-isteri mereka semuanya adalah bidadari, bentuk tubuh mereka semuanya sama yaiut seperti bentuk tubuh bapak mereka Adam: tingginya enam puluh hasta di langit.”( Muttafaq ‘alaih)

Pintu-Pintu Surga

Ibnu Abbas ra, berkata : Surga mempunyai delapan pintu yang terbuat dari emas, yang dihiasi dengan jauhar (sejenis mutiara) dan pada pintu yang pertama  tertulis kalimat LAA ILAAHA ILLALLAH MUHAMMADUR RASUULULLAH, yaitu pintu bagi para nabi dan rasul, syuhada’ dan juga pintunya orang-orang beriman. Pintu yang kedua, yaitu pintu bagi orang-orang yang mendirikan shalat, orang yang menyempurnakan wudhu’nya dan orang yang menyempurnakan rukun-rukun shalatnya. Pintu yang ketiga, yaitu pintu bagi orang-orang yang mengeluarkan zakat nya dengan senang hati dan ikhlas. Pintu yang keempat, yaitu pintu bagi orang-orang yang memerintahkan kepada kebajikan dan mencegah pada kemungkaran. Pintu yang kelima, yaitu pintu bagi orang-orang yang dapat memelihara syahwatnya dan mencegah dari nafsunya yang buruk. Pintu yang keenam, yaitu pintu bagi orang-orang yang melaksanakan haji dan umrah. Pintu yang ketujuh, yaiut pintu bagi orang-orang yang berjihat di jalan Allah. Dan pintu yang kedelapan, yaitu pintu bagi orang-orang yang bertaqwa, yaitu orang yang memejamkan matanya dari sesuatu yang haram, orang-orang yang melakukan kebaikan, di antaranya : berbuat baik kepada kedua orang tua, mempererat tali persaudaraan (silaturrahim) dan lain-lain.

Surga ada delapan macam :

1. Darul Jalal, yaitu surga yang terbuat dari mutiara putih.

2. Darus Salam, yaitu surga yang terbuat dari yaqut merah.

3. Jannatul Ma’wa, yaitu surga yang terbuat dari zabarjud hijau.

4. Jannatul Khuldi, yaitu surga yang terbuat dari marjan yang berwarna merah dan kuning.

5. Jannatun Na’im, yaitu surga yang terbuat dari perak putih.

6. Jannatul Firdaus, yaitu surga yang terbuat dari emas merah.

7. Jannatul ‘Adn, yaitu surga yang terbuat dari intan putih.

8. Darul Qarar, yaitu surga yang terbuat dari emas merah.

Darul Qarar, adalah surga yang paling utama dibandingkan dengan surga yang lain. Surga ini mempunyai dua pintu, satu daun pintu terbuat dari emas dan satu lagi terbuat dari perak. Jarak di antara satu dan lain pintu adalah seperti jarak antara bumi dan langit…Semoga kita diperkenankan oleh Allah swt untuk memasuki surga yang telah dijanjikan ini..amin.

Source: Indahnya Surga…Ya’cub Chamidi,S.S dan Mafruhah, S.Pd.I

Related articles :
The Great Article
Di sini aku berkarya

Iklan